6 Langkah yang Benar dalam Menyusui Bayi

Sesuatu yang baru biasanya menimbulkan kebingungan bagi siapapun. Termasuk menyusui bagi para ibu-ibu yang baru saja melahirkan bayi pertama. Untuk itu Anda harus mencari informasi yang benar agar proses pemberian ASI berjalan dengan baik dan memiliki manfaat yang maksimal. karena sgm generasi maju merupakan salah satu kunci sukses dalam pemberian ASI ekslutif.

Cara Menyusui Yang Benar

Berikut ini adalah enam langkah yang benar dalam menyusui bayi, silakan cermati dengan baik ya bunda.

  1. Kebersihan tangan dan payudara

Pastikan untuk mencuci tangan Anda sebelum melakukan pemberian ASI kepada bayi. Selain tangan, kebersihan payudara juga perlu diperhatikan. Yaitu dengan mengelap terlebih dahulu payudara dengan menggunakan kain yang berserat lembut dan lembab.

  1. Carilah posisi paling nyaman

Poses pemberian ASI berjalan dua tahun dengan frekuensi yang cukup sering. Pada minggu-minggu awal kelahiran, bayi membutuhkan asupan ASI setiap 2,5 jam hingga 3 jam sekali. Untuk itu diperlukan posisi ternyaman dalam menyusui. Anda bisa duduk atau berbaring. Bila perlu, hiaslah ruang menyusui Anda agar memiliki perasaan yang rileks.

  1. Kondisi payudara yang lembab

Sebelum menyusui bayi, perahlah sedikit ASI untuk ditempelkan di sekitar puting dan area hitam di sekitar puting. Hal ini dilakukan untuk menghindari lecet pada puting. Sehingga Anda tidak akan kesakitan atau merasa tidak nyaman saat menyusui.

  1. Posisi buah hati

Posisi buah hati juga sangat penting dalam memberikan ASI. Ada berbagai posisi yang bisa dipilih. Pertama, bayi dipegang menggunakan satu lengan, kepala bayi diposisikan dekat lengkungan siku bayi dan bokong bayi disokong dengan telapak tangan ibu. Kedua, psosisi berbaring dengan cara memposisikan perut bayi bertemu dengan perut ibu dengan mulut bayi menghadap puting ibu.

  1. Merangsang Mulut Bayi

Mulut bayi harus dalam keadaan terbuka dalam menyusu. Jika ASI sudah keluar tapi mulut bayi belum siap menyusu akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Untuk merangsang mulut bayi agar terbuka adalah dengan cara menempelkan puting payudara ibu ke mulut bayi. Setelah mulut bayi terbuka, pastikan puting ibu secara menyeluruh masuk ke mulut bayi.

  1. Perlekatan mulut bayi dan payudara

Perlekatan mulut bayi dan payudara harus dalam kedaan yang baik agar tidak menjadi lecet. Caranya adalah dengan memperhatikan dagu bayi apakah sudah menempel ke payudara ibu atau tidak. Perhatikan juga apakah bibir bayi seperti terlipat keluar dengan pipi mengembung. Dengarkan apakah ada suara yang terdengar saat bayi menyusu. Biasanya proses menyusu yang benar akan menghasilkan bayi menyusu kuat dengan irama perlahan yang beraturan.

Itulah enam langkah yang benar dalam menyusui yang benar. Semoga bisa kamu bisa beri ASI ekslusif pada si kecil ya bunda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *