Apa Itu Dongen Dan Bagiamana Ciri-Cirinya

Secara garis besar, dongeng adalah sebuah bentuk karya sastra yang menceritakan tentang suatu hal kejadian yang luar biasa penuh dengan khayalan atau fiksi dan dianggap sebagai hal yang tidak benar benar sedang terjadi. Dongeng juga bisa disebut sebagai bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun temurun dari nenek moyang sejak dahulu kala. Jika berbicara fungsi, fungsi dongeng sendiri yaitu berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral dan juga dongeng yang berfungsi sebagai penghibur semata.

Macam Jenis Dongeng

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf diatas, bahwa dongeng dibuat untuk menjelaskan tentang kebudayaan yang berada dimasyarakat dengan menggunakan cara yang berbeda tetapi pesan moralnya sama. Dongeng sendiri memiliki banyak sekali jenis seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

  • Mite

Mite adalah dongeng yang bercerita tentang kehidupan makhluk halus seperti setan, jin ataupun dewa – dewi yang biasanya berlatar belakang waktu pada jaman dahulu. Contoh dongeng Mite adalah dongeng dewi Sri. Dongeng Mite biasanya memiliki pesan moral mengenai suatu kejadian diantara kehidupan makhluk halus supaya masyarakat bisa mengambil hikmah dan pesan moralnya.

  • Legenda

Legenda adalah dongeng yang lahir dan tumbuh di tengah tengah masyarakat yang berhubungan dengan keadaan atau suatu peristiwa yang pada saat itu melahirkan asal usul sebauh tempat atau nama suatu daerah. Contoh dongeng legenda adalah legenda banyuwangi, cerita malin kundang, dongeng terbentuknya danau toba, dan lain sebagainya.

  • Fabel

Fabel adalah dongeng atau cerita yang mengangkat tema dunia binatang dan menceritakan bagaimana kehidupan mereka layaknya manusia. Bnayak sekali contoh dongeng fabel ini, ada yang jenaka, humoris bahkan ada dongeng fabel yang terkesan mistis. Contoh dongeng fabel adalah Sang Kancil.

  • Hikayat

Hikayat adalah cerita yang mengisahkan tentang kehebatan dan kisah kepahlawanan sesesorang. Biasanya hikayat menceritakan kehebatan seseorang karena kesaktiannya, keunikannya, serta peristiwa menakjubkan yang dialami oleh seseorang tersebut. Contoh dongeng Hikayat misalnya Si Miskin dan Si Kaya, Sri Rama dan yang lainnya.

  • Parabel

Parabel ini menjadi salah satu jenis dongeng yang unik, karena dongeng parabel ini menggunakan perumpaan yang menggunakan kiasan yang memiliki tujuan untuk mendidik para pendengar atau pembacanya. Contoh dongeng parabel adalah sepasang selot kulit.

  • Dongeng Orang Pendir

Dongeng yang ke enam ini merupakan dongeng yang memiliki sifat jenaka. Dongeng orang pendir ini menceritakan kisah kisah konyol maupun tingkah laku jenaka dan cerdik dari si tokoh utamanya. Contoh dari dongeng Orang Pendir adalah dongengnya abu nawas.

Ciri Ciri Khas Sebuah Dongeng

Setelah mengetahui berbagai macam jenis dongeng, saatnya untuk menganalisa apa saja dari ciri ciri dongeng tersebut ? Yuk simak penejelasan berikut ini.

  1. Dongeng biasanya diceritakan dengan alur yang sederhana. Tidak rumit seperti novel atau cerpen.
  2. Penulisan dongeng biasanya dituliskan dalam format alur cerita yang singkat, padat dan cepat, tidak berbelit belit atau banyak menambahkan ide cerita lain. Memang dibuat dengan memperhatikan fungsinya agar tercapai yakni memberikan pesan moral kepada masyarakat, maka dari itu alur dibuat singkat.
  3. Ketika menceritakan kisah atau ceritanya, karakter tokoh biasanya tidak dijelaskan secara terperinci.
  4. Dongeng dituliskan seperti gaya penceritaan secara lisan.
  5. Pendahuluan dalam cerita biasanya sangat singkat dan langsung menuju topik utama.

Dongeng merupakan suatu karya sastra yang menceritakan sebuah kisah yang menakjubkan dan tidak dianggap benar oleh masyarakat umum. Karya sastra ini memiliki macam jenisnya yaitu Mite, Fabel, Legenda, Hikayat, Parabel dan lain sebagainya.

sumber terpercaya: ilmu definisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *