Ini Dia Cara Mudah Belajar Menjadi Programer Dari Awal Secara Sendiri Jika Ingin Belajar Aplikasi Kasir

Membuat aplikasi kasir biasanya sebagian besar orang yang ingin belajar programer memilih menyelesaikan pendidikan formal seperti sekolah kejuruan komputer atau kuliah IT. Sebagian ada juga yang menjalani kursus yang bersifat non formal, bahkan mempelajari secara sendiri atau belajar otodidak. Seperti apa sih cara belajar pemrograman yang paling cepat dan benar? Dan, bagaimana cara studi program kasir secara sendiri?

Cara pertama untuk menjadi seorang programer tentunya harus dengan menempuh pendidikan formal, baik jenjang menengah kejuruan maupun sekolah tinggi pada jurusan IT. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh programer yang melalui pendidikan formal.

Namun, kendala yang tidak dapat ditampik dari pendidikan programer secara formal yaitu mengenai biaya yang dikeluarkan relatif tinggi. Terlebih dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di mana profesi programer semakin diperlukan, biaya untuk pendidikan formalnya pun menjadi semakin tinggi dan susah terjangkau.

Cara kedua dalam belajar programer selain edukasi formal yaitu dengan melakukan pendidikan non formal. Dari segi biaya yang dikeluarkan, tentunya lebih terjangkau. Jalur non formal untuk programer biasanya berupa kursus, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Lama kursus minimal tiga bulan dengan lama waktu maksimal satu tahun.

Langkah terakhir bagi Anda yang ingin mempelajari programming adalah secara sendiri. Dengan kata lain, Anda belajar dasar pemrograman dari awal seorang diri, tanpa menempuh pendidikan formal maupun non formal. Apakah hal itu bisa dilakukan? Jawabannya adalah ya, mungkin, bila tekad Anda sudah kuat, sebab belajar otodidak menjadi programer bukan hal yang gampang.

Apa saja yang perlu dilakukan jika mau menguasai pemrograman tanpa jalur pendidikan formal dan non formal ?Di bawah ini adalah persiapan dasar untuk belajar programer secara otodidak atau sendiri.

  • Paham Secara Mendalam Mengenai Bahasa Inggris

Hal ini sering dinilaiĀ  sepele oleh mereka yang ingin mempelajari pemrograman. Sekilas, memang tampak tidak terdapat korelasi antara penguasaan Bahasa Inggris dengan keterampilan pemrograman. Padahal, jika ingin menjadi programer, penguasaan bahasa internasional tersebut merupakan hal dasar yang penting. Mengapa? Karena sebagian besar panduan dan kode pemrograman pasti memakai Bahasa Inggris.

  • Menentukan Bahasa Pemrograman Dirasa Mudah Untuk Dikuasai

Bahasa pemrograman sangat banyak, bahkan untuk pemula. Sebab itu, bila Anda mempelajari secara otodidak dan ingin lebih gampang untuk menjadi programer, pilihlah satu atau dua bahasa pemrograman untuk didalami. Dengan demikian, konsentrasi Anda tidak terbagi untuk banyak bahasa program sekaligus yang justru menghambat perkembangan Anda sebagai programer. Misalnya saja, di antara bahasa pemrograman dasar, Anda memilih untuk menguasai HTML atau Hypertext Markup Language. HTML adalah kode program yang paling sering dipakai dalam pembuatan website.

  • Berlatih Dengan Sering Dan Berkala

Penguasaan terhadap teori itu penting, namun praktik secara berkala juga tidak boleh dianggap sepele. Bila Anda ingin belajar programer supaya andal, maka menjadwalkan latihan rutin adalah sebuah keharusan. Tidak perlu setiap hari, Anda dapat meluangkan waktu minimal dua kali dalam seminggu untuk melakukan bahasa pemrograman yang teorinya baru Anda ketahui.

  • Memiliki Perangkat Yang Memadai dan Koneksi Internet Yang Stabil

Persiapan paling dasar untuk calon programer yaitu punya perangkat elektronik yang mendukung aktivitas coding, yaitu PC dan ponsel pintar. Tidak lupa juga sambungan internet di lokasi harus dipastikan stabil karena proses pembelajaran coding maupun pembuatan program membutuhkan kedua aspek tersebut. Jika tidak, meskipun ingin, proses pembelajaran tidak akan dapat dilakukan.

  • Belajar Bahasa Pemrograman Dasar Dari Buku Dan Internet

Langkah terakhir yang harus dijalani bila ingin menguasai pemrograman secara sendiri yaitu dengan mempelajari bahasa pemrograman dasar secara manual. Sumber yang dapat diandalkan adalah internet dan buku. Saat ini, gampang sekali menemukan situs-situs IT dan buku lokal maupun terjemahan yang kredibel mengenai pengetahuan bahasa pemrograman bagi para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *