berita jokowi hari ini Yang harus anda ikuti

Negara Indonesia prihatin dengan keadaan salah satu wilayahnya yakni papua khususnya di daerah asmat sebab di daerah tersebut terkena wabah campak dan wabah gizi buruk yang sudah menimbulkan banyak sekali korban jiwa terutama anak anak oleh karena itulah presiden Negara Indonesia langsung bertindk cepat.

Presiden Indonesia bapak joko widodo memerintahkan sejumlah kementerian yang terkait dengan masalah wabah penyakit campak dan wabah gizi buruk untuk menuntaskan masalah tersebut sebab sudah lebih banyak menghasilkan korban jiwa.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu menteri social idrus marham yang bertemu dengan bapak presiden joko widodo serta pejabat pemda papua tepatnya di istana bogor yang membahas tentang masalah wabah campak dan wabah gizi buruk.

Bapak idrus dalam pertemuan di istana bogor berkata bahwa arahan bapak presiden setelah kajian awal awal ini yakni factor factor yang mempengaruhi lahirnya masalah wabah ini yaitu dengan banyak hal, salah satu arahan dari bapak presiden yakni dilaksanakannya pendekatan secara terpadu serta menyeluruh agar mengurangi dampak negative dari masalah masalah ini.

Selain itu bapak idrus berkata bahwa bapak joko widodo meminta seluruh jajaran di cabinet kerja untuk mengkaji serta mengamati mengapa wabah campak dan wabah gizi buruk hanya terjadi di wilayah wilayah papua saja yang sudah terjadi selama bertahun tahun yang lalu selalu datang melanda wilayah papua.

Bapak presiden joko widodo juga heran mengapa masalah tersebut hanya terjadi di wilayah papua khususnya di wilayah asmat namun di wilayah wilayah lainnya sudah dapat mengantisipasi wabah ini maka dari itulah bapak jokowi meminta agar semua jajaran cabinet untuk mencermati mengapa hal ini bisa terjadi.

Lalu bapak presiden mengutus menteri kesehatan yakni ibu ila F Moeloek untuk turun langsung untuk meninjau sampai mana masalah wabah campak serta dampak wabah gizi buruk di wilayah asmat. Kemudian ibu menkes langsung meluncur untuk meninjau bagaimana perkembangan dari masalah tersebut untuk membuat laporan kepada bapak presiden Negara Indonesia.

Setelah melakukan penelitian di wilayah wilayah yang terkena dampak wabah campak serta dampak wabah gizi buruk ibu menkes sudah menyiapkan solusi jangka panjang demi menanggulangi wabah wabah tersebut agar tidak lagi menimbulkan korban jiwa di daerah asmat.

Bapak bupati papua dan mensos juga menyarankan jika ingin meembuat solusi jangka panjang agar dapat mengantisipasi dampak dari wabah campak dan gizi buruk harus membuat lingkungan perkampungan yang baik juga sebab perkampungan yang baik dapat menghindarkan warga warganya dari berbagai macam ,penyakit.

Beliau mengatakan bahwa secepatnya pihak kemensos dan pemda berencana untyk membuat program renovasi kampong yang terserang wabah campak serta wabah gizi buruk hal tersebut diharapkan membuat warga asmat dapat beradaptasi dengan budaya serta kehidupan masa kini seperti kehidupan di kota kota besar maka secara otomatis wabah ini akan berkurang sebab sudah diantisipasi.

Ibu nila selaku kemkes mengatakan bahwa hal tersebut akan sulit untuk dijalankan sebab kehidupan warga asmat memang menyebar dan nomaden serta memiliki geografis sangat sulit di jangkau serta kesulitan mendapatkan air bersih. Kemudian sulitnya transportasi dari kampong ke tempat lokasi tersebut juga sangat luar biasa maka pemerintah harus mengurus tentang hal bbm terlebih dahulu

Ibu nila juga menyarankan pihaknya untuk bekerjasama dengan kementerian pertanian agar dapat melatih semua warga untuk mengolah makanan khas papaua yakni makanan pokok sagu agar dikelola dengan bersih dan layak konsumsi.

Berita Terbaru Hari Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *