Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Dengan 6 Langkah Mudah

Saat haid datang, keluhan yang biasanya muncul adalah rasa sakit yang tidak tertahankan. Gejala nyeri haid yang terjadi pada tubuh wanita merupakan gejala yang paling umum yang menyerang wanita ketika akan memasuki masa menstruasi. Adapun beberapa cara mengatasi nyeri saat haid yang bisa kamu lakukan.

Nyeri haid yang timbul menjelang masa menstruasi akan menyebabkan kamu sulit dalam melakukan berbagai aktivitas ID Optimis. Bahkan terkadang kondisi ini pun akan mempengaruhi mood kamu secara tidak langsung. Banyak wanita yang terkadang menjadi pemarah ketika mengalami kondisi ini.

Apa yang menyebabkan nyeri saat haid? Nyeri saat haid disebabkan oleh kondisi dimana adanya peluruhan dinding rahim. Saat peluruhan terjadi, adanya penekanan pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan suplai darah yang mengalir ke rahim terhenti. Tidak hanya darah, tetap juga aliran oksigen pun terhenti dan menyebabkan munculnya nyeri haid.

Namun anda tak perlu selalu mencemaskan kondisi ini. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Dimana kondisi itu dapat membantu anda dalam meredakan rasa sakit, dan anda juga dapat menjalani berbagai aktivitas seperti biasa.

Cara Mengatasi Nyeri saat Haid

Kompres Perut

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengobati rasa sakit dengan mengkompres perut anda dengan air hangat ataupun melakukan kompres dengan air dingin. Caranya cukup menempelkan kompres tersebut pada perut anda. Anda juga dapat melakukan pemijatan saat melakukan kompres.

Kompres air hangat akan membantu otot-otot pada perut menjadi lebih rileks, sehingga dapat meredakan rasa nyeri yang timbul pada perut anda. Sedangkan kompres air dingin dapat mengontrol pendarahan dan pembengkakan yang disebabkan oleh trauma, meredakan nyeri, serta mengendurkan aktivitas saraf otot.

Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Cara lain yang dapat anda lakukan dalam mengatasi nyeri saat haid adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak zat besi. Dimana makanan tersebut akan membantu anda untuk menggantikan sel darah merah yang selalu berkurang akibat peluruhan darah pada dinding rahim. Zat besi juga dapat membantu anda semakin segar.

Minum Air Hangat

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh anda adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Karena air hangat yang dikonsumsi dapat meredakan kondisi perut anda. Terlebih ketika anda saat siklus menstruasi, tubuh akan kekurangan cairan, dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi air hangat.

Saat anda memasuki masa menstruasi, hindari untuk mengkonsumsi air hangat yang mengandung kafein, dan alkohol. Karena itu hanya menyebabkan anda mengalami rasa sakit yang makin parah pada bagian perut anda.

Asupan Makanan

Saat anda memasuki masa menstruasi perhatikan juga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh anda. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E, dan juga omega 3. Kandungan tersebut cukup banyak terdapat pada sayur dan buah.

Istirahat yang Cukup

Menjelang memasuki masa menstruasi, usahakan anda cukup mengatur istirahat anda. Karena jika anda kurang istirahat, maka nyeri yang terjadi pada perut anda pun akan semakin parah. Sehingga ada baiknya untuk memberikan istirahat yang cukup pada tubuh anda.

Kunyit Asam

Anda dapat mengkonsumsi kunyit asam untuk mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh menstruasi. Kunyit asam sudah cukup terkenal menjadi herbal tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi rasa nyeri saat haid.

Itulah cara mengatasi nyeri saat haid yang bisa anda lakukan di rumah. Cara tersebut merupakan salah satu cara yang paling mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit berlebihan ketika siklus menstruasi anda berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *