Cari Tau Alasan Kenapa Harga Premi Asuransi Milik Anda Menjadi Mahal

Keperluan perlindungan sudah menjadi salah satu syarat keuangan pribadi yang sehat. Mumpung masih awal tahun, ini waktu yang sayur bagi Anda untuk melengkapi keperluan perlindungan keluarga dengan membeli polis asuransi.

Saat ini, Anda bisa membeli asuransi dengan mudah, karena ada banyak perusahaan yang memberikan berbagai berbagai produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kerugian, dan lain sebagainya. Cara membelinya pun semakin gampang seiring perkembangan dunia teknologi.

Namun, tidak sedikit orang yang kaget saat memperoleh polis asuransi yang mau di beli preminya mahal. Apakah Anda juga mengalami hal yang mirip? Biasanya, premi atau harga sebuah polis asuransi ditentukan oleh banyak faktor. Supaya Anda bisa memperkirakan berapa dana yang harus dialokasikan untuk membeli polis asuransi, ada baiknya mengetahui dulu faktor-faktor penyebab mahal atau murahnya premi asuransi berikut ini:

  • Mengenai latar belakang masalah kesehatan

Perusahaan asuransi biasanya mensyaratkan tes kesehatan terlebih dulu pada calon pembeli polis asuransi sebelum memberikan kontrak pertanggungan. Selain itu, saat mengisi pengajuan polis asuransi, Anda pasti akan diminta menuliskan secara jujur riwayat kesehatan pribadi sampai pada riwayat kesehatan orangtua.

Mengapa perusahaan asuransi ingin memahami riwayat kesehatan Anda sampai detil? Tak lain karena data riwayat kesehatan itu akan menjadi salah satu dasar bagi mereka dalam menentukan harga premi untuk polis asuransi Anda. Bagaimanapun, kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi besar kecil tingkat kematian seseorang.

  • Mengenai jenis pekerjaan Anda

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi mahal tidaknya premi asuransi adalah jenis pekerjaan si tertanggung. Ini karena jenis pekerjaan juga dinilai mempunyai sumbangan pada besar kecil risiko kematian. Sebagai contoh, apabila nda bekerja di sebuah bidang dengan risiko kecelakaan dan kematian cukup tinggi seperti pekerjaan di tambang minyak atau gas bumi, pegawai maskapai penerbangan, pilot pesawat, tenaga konstruksi, bahkan jurnalis, preminya biasanya dikenakan cukup tinggi.

  • Mengenai waktu kontrak polis

Kontrak asuransi atau masa perlindungan asuransi diberikan dalam berbagai pilihan. Dari mulai yang paling singkat seperti asuransi perjalanan hingga asuransi seumur hidup misalnya asuransi whole life. Semakin lama masa perlindungan asuransi, biasanya harga preminya juga akan semakin mahal. Memilih kontrak perlindungan lima tahun atau 20 tahun jelas akan menyediakan perbedaan pada beban premi yang akan dibayar nantinya.

  • Mengenai faktor umur tertanggung

Usia tertanggung atau pihak yang ditanggung resiko finansialnya oleh perusahaan asuransi, sangat menentukan harga premi sebuah produk asuransi, khususnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Semakin muda usia tertanggung saat membeli polis asuransi, kemungkinan besar harga premi asuransi yang harus dia bayarkan juga lebih minim.

Bahkan di beberapa perusahaan asuransi, si calon tertanggung dengan usia di bawah 30 tahun tidak diharuskan tes kesehatan lebih dulu untuk memperoleh perlindungan polis. Sebaliknya, semakin tua usia si tertanggung, berarti risiko yang dialihkan kepada perusahaan asuransi semakin besar. Ini yang membuat perusahaan asuransi menetapkan premi lebih tinggi.

  • Mengenai Anda seorang perokok aktif atau tidak

Selain diminta memberikan riwayat kesehatan, Anda biasanya juga diminta menuliskan data apakah Anda seorang perokok aktif atau tidak. Perusahaan asuransi kebanyakan memperhatikan, seorang perokok memiliki risiko kesehatan lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Risiko kesehatan yang tinggi alhasil mempengaruhi juga tingkat risiko kematian. Tidak mengherankan jika polis asuransi kesehatan atau asuransi jiwa memiliki premi lebih tinggi jika si tertanggung tergolong sebagai seorang perokok aktif.

Asuransi Allianz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *