Ingin Liburan Kalian Makin Menyenangkan, Kunjungilah Pantai Yang Satu Ini

Pantai Boom Tuban merupakan salah satu dari banyak wisata alam air yang diberikan kota yang terkenal dengan sebutan bumi ronggolawe atau kota wali, Tuban, Jawa Timur. Kota Tuban ini memang termasuk wilayah pesisir yang cukup panjang dengan garis pantai sepanjang sekitar  65 km yang terbentang dari ujung kecamatan Bancar sampai pada kecamatan Palang.

Sekilas Pantai Boom ini terlihat seperti Pantai Losari di Makassar yang biasanya banyak orang datang untuk berfoto-foto ria karena pantai ini juga menyediakan tempat-tempat indah untuk dijadikan background foto sehingga sangat sempurna untuk menghabiskan waktu luang bersama kerabat, teman dan keluarga tercinta dengan keindahan fantastis dan ongkos yang bersahabat juga tentunya.

Lokasi pantai ini tidak sulsusah t untuk ditemukan dan diakses terlebih dengan kecanggihan Google Maps yang menuntun siapapun menuju tempat terpencil sekalipun. Penggunaan Google Maps sepertinya tidak perlu karena Pantai Boom terletak di tengah kota tepatnya hanya 100 meter dari pos polisi yang agak sedikit menuju ke arah tanjung buatan kurang lebih 1 km.

Pantai yang ada di Kutorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini punya sistem loket yang lumayan berjarak dari lokasi wisatanya. Loket karcis terletak setelah pengunjung masuk ke jalan menuju tanjung buatan sejauh 1 km setelah sebelumnya lewat pos polisi yang jika kurang jelas dapat bertanya pada polisi yang sedang ada di sana.

Sebelum tiba di lokasi utama Pantai Boom, pengunjung akan diberikan dan disambut berbagai ornamen peninggalan sejarah seperti di sebelah kiri gerbang ada patung tentara tartar yang menceritakan pendaratannya di Pantai Boom tersebut serta ornamen ronggolawe sebagai representasi sejarah rakyat Tuban masa lalu.

Dibanding pantai-pantai lain, Pantai Boom ini lebih kekinian secara arsitektur karena fungsinya yang secara tidak langsung merangkap sebagai museum peninggalan sejarah Tuban. Pantai ini dilengkapi jalan setapak sepanjang jalan dari gerbang sampai daerah sekitar pantai yang bisa digunakan warga untuk melakukan banyak kegiatan dan ber jogging.

Selain itu, di pantai ini juga ada salah satu peninggalan sejarah penting yakni sumur tua bekas peninggalan penjajahan Belanda dimana daya tariknya yaitu air dalam sumur ini tidak aneh meskipun berada dekat dengan pantai. Pantai ini juga disediakan barak-barak bekas zaman penjajahan yang dapat digunakan sebagai tempat berteduh selain pepohonan yang sengaja ditanam guna mengurangi panasnya matahari.

Pantai ini tidak hanya memberikan pemandangan alam dari biru ombak laut namun juga peninggalan sejarah seperti cerita sejarah, ornamen, sumur tua yang menjadi saksi bisu sejarah berdirinya negara Indonesia dan perkembangan masyarakat Tuban dan cocok dijadikan tempat edukasi masyarakat luas untuk melestarikan sejarah nusantara.

Selain diberikan pemandangan alam di Pantai Boom dimana pengunjung dapat melihat langsung sunrise, pengunjung juga akan disediakan pula berbagai fasilitas seperti jalan setapak untuk arena jogging, parker yang luas, ornamen-ornamen sejarah, mushola, toilet, deretan rumah makan, penjual makanan dan souvenir dan tim SAR yang akan memberi pengamanan dan peringatan jika ombak tengah dalam kondisi tinggi.

Penjual di tempat wisata itu kebanyakan berasal dari warga sekitar untuk mencari peluang ekonomi sehingga dengan berkunjung ke pantai ini tidak hanya akan melihat pemandangan namun juga membantu perekonomian warga. Pantai ini juga disertai gazebo-gazebo serta pepohonan yang ditanam pemerintah juga membantu pengunjung untuk tidak gerah dan panas selain akses listrik dan air yang tidak terbatas.

Fasilitas di Pantai Boom tidak hanya sebatas yang dikatakan di atas tadi, wisata ini juga dilengkapi taman bermain anak hingga air mancur sehingga para orang tua tidak perlu merasa cemas jika anaknya bosan atau saat gelombang sedang pasang, taman bermain ataupun daerah peninggalan sejarah bisa menjadi pengalihan sementara atau hanya  untuk mengisi waktu bersantai.

sumber artikel: babakbelur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *