Kamu Anak Kost ? Awas Jangan Terjebak Dengan Pergaulan Bebas

selingkuh-istri-karena-suami-tidak-paham

Adakah tips ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah pergaulan bebas antar remaja sekarang ini? Apalagi zama sekarang ini perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan pergaulan bebas bertambah marak dikalangan remaja. Jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu sangat jauh perbedaannya.

Lalu kenapa sebenarnya kita harus menjada diri dari pergaulan bebas? Alasan utamanya adalah karena pergaulan bebas berbeda dengan budaya orang timur yang memiliki kepribadian santun dan baik. Sebenaranya orang dari wilayah lain suka dengan budaya orang timur, tetapi kita sendiri malah mengikuti budaya bangsa barat yang berkebalikan 180 derajat dengan kita.

Untuk anda yang tinggal di kost Jakarta, kost Surabaya dan kost di kota besar lainya, baik itu pekerja atau mahasiswa dan jangan sampai terpengaruh dengan yang namanya pergaulan bebas karena akan berakibat fatal dan menghambat masa depanmu. Tanpa perlu penjelasan panjang lebar lagi saya akan memberika tips cara mencegah dari pergaulan bebas. Berikut penjelasannya :

  1. Memahami dahulu akan bahaya dari pergaulan bebas dan penyalah gunaan narkoba yang bisa merusak masa depan anda.
  2. Mengisi waktu kosong dengan kegiatan yang produktif.

Anda bisa mengisinya dengan berolahraga, belajar, mengerjakan tugas bareng atau mengerjakan aktivitas lain yang produktif.

  1. Mendalami ilmu agama

Nah dengan memiliki benteng ilmu agama yang kuat pastinya kita akan lebih kuat menghadapi cobaan dari pergaulan bebas.

  1. Mencari teman bergaul yang baik

Baik tidaknya seseorang bisa dilihat dari teman bergaulnya sehari-hari. Jika anda memiliki teman bergaul yang baik pastinya anda akan ketularan baiknya juga.

  1. Aktif di kegiatan organisasi

Selain menambah softskill, aktif dalam kegiatan organisasi akan membuat anda tidak ada waktu lagi untuk bermain atau nongkrong yang tidak jelas.

  1. Memilih lingkungan kost yang positif

Lingkungan ini berperan penting untuk membentuk karakter seseorag. Jika lingkungan tempat tinggal baik maka anda juga akan menjadi baik.

  1. Memberi batasan jam malam

Dengan membatasi jam masuk malam ini akan menggurangi kepada penghuni kost untuk keluyuran tidak jelas yang mengakibatkan terpengaruh pergaulan bebas.

  1. Jangan pacaran

Selain belum cukup umur, pemikiran remaja yang ingin coba-coba membuat pacaran bisa menjadi penyebab pergaulan bebas. Selain itu pacaran akan menganggu waktu belajar anda.

  1. Hindari membuka situs-situs dewasa

Internet juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pergaulan bebas. Jadi bagi yang menggunakan internet dengan bijak hanya untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas kampus.

  1. Menikah

Jika semua cara diatas kurang berhasil, maka menikah menjadi solusi yang terbaik.

Nah demikian tips yang bisa saya berikan untuk mengatasi pergaulan bebas terutama pada mahasiswa. Untuk info seputar mahasiswa dan anak kost anda bisa membuka aplikasi Mamikos atau mengunjungi website Mamikos.com. Disana selain terdapat info kostan juga terdapat info seputar mahasiswa yang bisa anda baca. (baca : Jurusan Kuliah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *