MEMBRAN RO ANDA MAMPET? JANGAN PANIK. GUNAKAN CARA INI.

Mebran RO atau mesin RO sering mapet merupakan kejadian umum yang sering terjadi dan dialami oleh beberapa pengguna mesin RO.  Masalah ini diakibatkan karena seringnya konfigurasi pada sistemmesin RO yang tidak sempurna, yang biasanya dibuat asal jalan saja.

Mesin RO (RESERVE OSMOSIS) sendiri merupakan duatu teknologi pemurniaan air yang paling modern yang menggunakan semipermable membran yang efektif, mudah saat merawatnya dan mampu membersihkan hingga 90-99% dari berbagai pencemaran air sejingg  mampu membersihkan air hingga dapat bersih dan murni.

Dengan kemampuan yang begitu luar biasa, ternyata  membrane RO sangat mudah sekali mampet, penyebab mampetnya membran RO bermacam-macam dan biasanya lebih umum disebabkan oleh sistem pengelolahan air sebelumnya yang tidak sempurna ditambah lagi konfigurasi mesin air RO yang salah.  Penyebab lainya jug dapat disebabkan oleh air baku yang  tidak lancar / tersumbat Karena tekanan air baku tidak kencang (idealnya bertekanan 1-2 bar), Karena tekanan pompa booster / pompa membrane kurang (min.50psi), Karena Post Carbon yang mampet,  karena membrane Reverse Osmosis mampet. Mengatasi masalah membran RO yang mampet adalah solusi penting memperbaiki mesin tersebut.

AIR BAKU
Air RO akan menghasilkan 1 liter dari 4 liter air baku yang masuk Apabila air baku berkurang, maka air ro akan berkurang pula.

TEKANAN AIR BAKU
Selain kebutuhan air baku yang banyak, dibutuhkan juga tekanan air baku, untuk memaksimalkan kinerja pompa booster.

POMPA BOOSTER
Hal lain yang dapat menentukan air RO adalah tekanan booster pump. Tekanan tersebut bermacam-macam tergantung kapasitas membranya. Tekanan paling minimal adalah 50psi – 225psi. Karena diameter membrane 0.0001 mikron, maka dibutuhkan kinerja booster pump yang baik.

POST CARBON
Ada beberapa jenis post carbon, yang beredar di pasaran. Salah satu penyebab air RO keluar sedikit bahkan tidak keluar karena tersumbatnya post carbon atau membekunya post carbon, yang menjadi seperti batu.

Anda dapat mencoba  membuka selang sebelum post carbon, liat keluar air ro apakah sama atau lebih kencang
Jika  lebih kencang, maka anda perlu ganti post carbon, jika hasilnya sama saja, kemungkinan adalah membrane nya yg perlu diganti

MEMBRANE
Membran RO memiliki diameret sekitar 0.0001 mikron 500.000 x lebih kecil dari sehelai rambut, Jadi untuk membantu kinerja membrane, diperlukan :

  • Filter Media CARBON : Untuk menyaring besi, dll.
  • Filter Media RESIN / Ion Exchange : Untuk menyaring kapur
  • Sedimen Filter 1 mikron : Untuk menyaring debu halus, pasir dan kotoran lain

Apabila anda ingin memiliki mesin ro dengan kualitas yang baik, maka anda dapat membelinya pada penjual terpercaya yang jual mesin ro dengan garansi resmi, atau jika anda ingin membelinya secara online anda dapat mengunjungi situs pusatro.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *