Wisata Kawah Sikidang di Dieng

berita-berita st3telkom – Kamu penasaran apa itu kawah? Atau kamu ingin melihat kawah secara mendetail dan melihatnya secara langsung? Nah tempat wisata kali ini dibahas adalah bertepatan dengan sebuah kawah yang terkenal akan keindahan alamnya. Ya, wisata kawah sikidang di Dieng merupakan wisata andalan di Dieng Plateau. Kawah ini berbentuk cekungan yang berisikan gas yang timbul akibat aktivitas gunung berapi aktif di dataran tinggi Dieng.

Kawah Sikidang ini diniali unik dan berbeda dengan kawah kawah lainnya. Keunikan ini terdapat pada lokasi kawah yang terbilang datar jadi kamu dapat melihat kawah secara langsung dan mudah tanpa perlu menaiki puncak gunung seperti kawah kawah lainnya seperti kawah Joggring saloko (Gunung Semeru) atau kawah welirang (Gunung Welirang). Jadi kamu dapat melihat kawah dengan dekat loh. Hal itulah yang membedakan kawah sikidang dengan kawah kawah gunung berapi lainnya.

baca: cara cepat menebalkan rambut

Namun, ada hal yang harus kamu waspadai, yakni tetap menjaga jarak dengan bibir kawah, meskipun terlihat tidak berbahaya, namun kawah sikidang juga mengandung belerang yang sangat tinggi sehingga juga dapat mengeluarkan gas beracun yang sangat berbahaya apabila kamu hirup terlalu lama dan jika kamu menghirup gas beracun terlalu lama maka akan fatal akibatnya buat kamu sendiri. Maka tetap jaga keselamatan dan berhati hati dalam berwisata yah.

Pihak pengelola tempat wisata pun juga memahami akan keselamatan pengunjung, maka dibangunlah pagar yang terbuat dari kayu dan dipasang mengelilingi kawah guna mencegah hal hal yang tidak di inginkan. Dan juga terdapat pedagang kaki lima yang menjual masker mencegah masuknya gas beracun melalui mulut dan juga hidung. Di kawasan wisata kawah sikidang di Dieng ini sebenarnya terdapat banyak kawah kawah yang juga aktif loh, namun kawah kawah tersebut hanya berbentuk kecil dan juga banyak yang menjadi kawah mati sehingga hanya kawah sikidang yang terlihat besar dan juga aktif.

baca: cincin dan gaun untuk nikah

Selain dapat menikmati paparan keindahan kawah sikidang, di tempat ini kamu juga dapat melihat dua kawah lainnya yakni kawah Sileri dan juga Kawah Candradimuka. Kamu pasti bertanya tanya mengapa kawah ini diberi nama “Sikidang”? nah, diberi nama sikidang dikarenakan dahulu terdapat beberapa kawah aktif dan juga sering berpindah pindah keaktifannya sehingga terlihat seperti hewan Kidang (Kijang), maka dari itu, diambillah nama Sikidang sebagai penamaan kawah tersebut. Konon katanya, menurut legenda rakyat kawah sikidang ini masih ada hubungannya dengan kondisi anak anak yang berambut gimbal di Dieng loh

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Wisata kawah sikidang di Dieng, kawasan kawah ini masuk dalam daerah Dieng Plateau dan secara adminstratif masuk ke dalam Kabupaten Wonosobo , Jawa tengah. Untuk tiket masuk sendiri, harga yang ditawarkan cukuplah murah yakni Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan asing. Namun sebelum masuk ke kawasan kawah sikidang, kamu harus terlebih dahulu membeli tiket kawasan sebesar Rp 10.000 untuk dapat masuk ke kawasan wisara Dieng Plateau .

baca: spesifikasi samsung s8

Di kawasan kawah Sikidang telh diberikan beberapa fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang luas hingga toko toko souvenir dapat kamu beli di area wisata ini. Bagi kamu yang tidak ingin ambil pusing dan juga repot untuk mengurus administrasi dan juga pembayaran maka kami sarankan untuk menggunakan agen bola online agar kamu dapat menikamti liburan mu tanpa harus memikirkan biaya tiket masuk hingga biaya perjalanan liburanmu, jadi lebih simple dan juga mudah bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *